RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. :
SMA Negeri 1 Lamongan
Program :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester :
XI/1
Standar
Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada
Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar :
1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya
agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu :
3x45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·
Mendeskripsikan
lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
B.
Materi
Pembelajaran
·
Lahir
dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
C. Metode Pembelajaran Bloger
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi
guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah mana
mayoritas penganut agama Hindu Budha di Indonesia ?” (Rasa
ingin tahu, kemauan membaca)
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti
·
Penugasan internet dengan kunjungi alam bloger ini: indah-pembelajaransejarah.blogspot.com (rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, dan mandiri)
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil kunjungan peserta didik dari internet dan menugaskan peserta
didik membuat karangan analitis tentang proses perkembangan Hindu pada
masa pemerintahan Samudragupta dan Candragupta II dari Dinasti Gupta serta perkembangan Budha pada masa pemerintahan Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (kreatif,
mandiri, tanggung jawab, antusias)
3.
Kegiatan
Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (gemar
membaca, bertanggung jawab, jujur)
·
Menarik
kesimpulan materi.
siswa bisa memberikan pertanyaan lewat sini
BalasHapus