Minggu, 06 Mei 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : SMA Negeri 1 Lamongan
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XI/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
                                                       Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
                                                                            Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
                                                         di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator                                 : -   Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
                                                      kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India

B.     Materi Pembelajaran
·         Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India

C.     Metode Pembelajaran Bloger


D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·      Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah mana mayoritas penganut agama Hindu Budha di Indonesia ?” (Rasa ingin tahu, kemauan membaca)
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Penugasan internet dengan kunjungi alam bloger ini:  indah-pembelajaransejarah.blogspot.com (rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, dan mandiri)
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil kunjungan peserta didik dari internet dan menugaskan peserta didik membuat karangan analitis tentang proses perkembangan Hindu pada masa pemerintahan Samudragupta dan Candragupta II dari Dinasti Gupta serta perkembangan Budha pada masa pemerintahan Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (kreatif, mandiri, tanggung jawab, antusias)
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (gemar membaca, bertanggung jawab, jujur)
·         Menarik kesimpulan materi.

1 komentar: